Posted by : Unknown Minggu, 30 Agustus 2015

ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
           
            Kedudukan Ibu, Bapak menduduki tempat teristimewa, bahkan memnduduki tempat sesudah Allah dan RasulNya. Sebagai mana sabda Rasulullahh SAW: “Keridhoan Allah terletak pada keridhoan ibu bapak, dan kemurkaan Allah terletak pada kemurkaan ibu bapak”, (HR. Tirmidzi).
                       
            Tidak ada manusia dimuka bumi yang lebih besar jasanya melainkan ibu bapak, dengan susah paya mengandung, melahirkan, mengasuh, membesarkan, mendidik dan mencukupi kebutuhan kita, semua itu dilakukan dengan tulus, ikhlas dan penuh kasih sayang.
Ma’ Asyral Muslimin Rahima Kumullah

            Pada umumnya kedua orang tua bersedia berkorban apa saja untuk keselamatan dan kebahagian anaknya. Dalam surah Al-Isra ayat 23 Allah berfirman yang berbunyi :

 





Artinya:
            “Dan Tuhan-Mu memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendakla kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya, jika salh seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalampemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “Ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan mulia.
            Dari hadis diatas maka sepatunyalah kita mengabdi dan berbakti kepada kedua orang tua kita untuk membalas budinya sampai akhir hayatnya.
            “Teman-teman,,, sudah berbakti tidak sama orang Tuanya?”
                                    “sudah” “Alhamdulillah”
           


            Ma’ Asyral muslimin rahima kumullah
Berbakti kepada kedua orang tua sangatlah banyak caranya, diantaranya adalah…
Ø  Hendaklah mematuhi nasehatnya selama nasehat itu tidak merampas hak kewajiban orang lain.
Ø  Dihadapan orang tua janganlah sekali-kali menunjukkan sikap kasar dan cemberut serta gunakanlah tutur kata yang halus.
Ø  Hendaklah membantu meringankan beban orang Tua tanpa meminta imbalan dan jangan jangan mengambil milikorang tua tanpa seizinya.
Ø  Hendaklah mendoakan orang tua dan meminta kan ampun kepada Allah Azzawajjalah.
Ma’ Asyral muslimin rahima kumullah

            Marilah kita renungkan bersama bagaimana kaih sayang orang tua kita. Kita akan sadar bahwa betapa besar perhatian dan cinta kasih ibu  Bapak kepada kita. Alngkah tidak adilnya kita jika kita mendurhakai dan mengabaikan mereka.
Mungkin cukup sekian ceramah singkat yang saya sampaika, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan.

Wassalamu Alaikum Wr.Wb.

             

{ 1 komentar... read them below or add one }

Shopping Online

- Copyright © On The Place - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -